Mesin Pemotong Daun Bawang Merah Sistem Kontinyu Dilengkapi Speed Control dan Size Adjuster

Indonesia tak kekurangan orang pintar, hal ini dapat dibuktikan oleh beberapa mahasiswa Universitas Negeri Surabaya yang tergabung dalam Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Teknologi yang diselenggarakan oleh kemenristekdikti tahun 2020 dengan judul karya Mesin Pemotong Daun Bawang Merah Sistem Kontinyu Dilengkapi Speed Control dan Size Adjuster., mereka adalah Muhammad Samsuddin ( Tek. Mesin 2017) selaku ketua tim, bersama anggota yaitu Arifani Catri Mutia ( Pend.T.Mesin 2016), Fajar Achmad Batin (Pend.T.Mesin 2017), Ifa Nurtaqiya (Tek. Informatika 2018) dibawah bimbingan dosen Agung Prijo Budijono, S.T.,M.T.

“Ide pembuatan mesin ini muncul ketika tim kami melakukan survei Usaha Kecil Menengah (UKM) pengepul bawang merah yang berada di Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur milik Bapak Ilyas.” Ujar Samsuddin, Selasa (12/11/2019)

Proses pemotongan daun bawang merah masih menggunakan pisau dapur yang menjadi sorotan utama tim PKM T ini. Pasalnya Bapak Ilyas selaku pemilik UKM, mengatakan bahwa proses pemotongan daun bawang merah menggunakan tenaga manual yakni dengan memotong menggunakan pisau dapur membutuhkan waktu pengerjaan yang relatif lebih lama dan tenaga yang ekstra, akibatnya bawang merah yang siap proses membludak, sehingga para pekerja kualahan dalam bekerja.

Secara khusus mesin ini menggunakan sistem Speed Controlyang dapat mengatur kecepatan lajukonveyor sehingga dapat menentukan waktu yang diinginkan dalam proses pemotongan daun bawang merah. Selain itu dilengkapi Size Adjusteruntuk menyesuaikan diameter bawang merahyang akan dipotong daunnya. Penggunaan Mesin ini dinilai cukup efektif dibandingkan dengan hanya mengandalkan tenaga pekerja secara manual

Muhammad Samsuddin dkk berharap dengan adanya mesin tersebut, dapat meringankan kendala yang dialami UKMpengepul bawang merah milik pak Ilyas. Tak hanya itu, harapan beberapa mahasiswa jurusan Teknik Mesin dan jurusan Teknik Informatika tersebut juga tertuju pada kampus tercinta mereka UNESA semoga senantiasa terus berjaya dalam mencetak mahasiswa yang unggul dan berprestasi.

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...