178 total views,  2 views today

Pemerintah masih berupaya mewujudkan Indonesia 4.0 dengan meningkatkan jumlah UMKM yang masuk ke dunia digital. Target pada tahun ini adalah 30 juta UMKM terdigitalisasi sampai akhir tahun.

Dwi Andriani Sulistyowati Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM dalam acara ‘media briefing #MajuBarengTikTok’, Kamis (27/5/2021) memberikan pendapatnya. Menurutnya, era sekarang terdapat banyak tantangan yang tidak hanya membutuhkan respon cepat melainkan juga strategi berstuktur.

“Khususnya inovasi dan transformasi digital untuk UKM bangkit di masa pandemi. Pada 2020 terbukti, UMKM yang terhubung dengan platform digital lah yang bertahan,” katanya.

Ia pun melihat bahwa masih ada gap besar yang harus diisi dalam penetrasi digital UMKM. Ditambah, pasar membutuhkan peranan platform digital untuk alternatif transaksi dan pemasaran produk di tengah keterbatasan yang ada di masa pandemi.

Senada, Gati Wibawaningsih Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian mengatakan pemerintah sangat mendukung adaptasi digital pada para pelaku UMKM.

“Kita mempersiapkan Indonesia 4.0 sudah lama, kita sudah sejak 2017 mengajarkan yang namanya IKM mengenal digital melalui pelatihan, tahu pasar dengan cepat dengan digitalisasi. Kami kerjasama dengan marketplace yang ada dan mengajak pelaku menggunakan handphone yang bisa dipakai produktif, kami ajari mereka,” kata Gati.

Pihak Kemenperin bersyukur karena usaha pemerintah didukung dari berbagai sektor mulai lembaga sampai pihak swasta untuk roadmap memperdayakan UKM di era 4.0.

Selain mengajarkan soal teknologi, Kemenperin juga berusaha untuk membantu pegiat UKM menyelesaikan masalah yang mereka hadapi selama bergelut secara online. Diharapkan, akan semakin banyak yang tergerak membantu merealisasikan 30 juta UMKM go digital pada 2021.

Menurut data Mandiri Institute, 69% tingkat akselerasi digital UMKM terjadi selama pandemi. Dengan peningkatan ini, diprediksi ada 16% potensi kenaikan pemasukan bisnis UMKM yang melek digital. Terdapat pula USD 164 miliar estimasi tambahan PDB Indonesia yang tercapai di tahun 2024 melalui digitalisasi UMKM.

Aisyah Kamaliah – detikInet

sumber :
https://inet.detik.com/business/d-5584789/pemerintah-target-30-juta-umkm-go-digital-indonesia-40-masih-digenjot?tag_from=wp_nhl_46

By admin

Klik untuk mulai WA
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Hallo !!! Ada yang bisa dibantu
Klik tombol panah kirim untuk memulai...